devs[1][2] = Ainur Rony

Yang namanya film Cinderella itu ada 6. Ceritanya sama, tapi masih banyak orang yang nonton. Artinya masing-masing dari film itu punya keunikan. Nah tugas kita tinggal mencari keunikan yang belum tentu dipunyai kompetitor.

Ainur Rony

Pengalaman Rony sebagai Kepala Program Studi Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi Jakarta berhasil menelurkan sebuah produk yang diberi nama ngampooz, yang merupakan sebuah platform manajemen khusus untuk acara kampus dan pendidikan.

Sosok yang pertama kali merasakan komputer tahun 1992. Saat itu bahkan komputer belum mempunyai harddisk. Awalnya komputer digunakan untuk bermain game. Hingga ia masuk kuliah di sebuah perguruan tinggi Jakarta jurusan Komputer. Dari sana barulah ia belajar bahasa pemrograman.

Setelah lulus, Rony memulai karir profesionalnya sebagai Developer di kampus yang sama. Setelah 5 tahun berkecimpung didunia pemrograman, akhirnya Rony mendapat kesempatan memasuki dunia manajemen di kampus yang sama. Baru kemudian menjadi Kepala Program Studi dari 2011 hingga 2017. Dan akhirnya memutuskan menjadi founder ngampooz.

Rony punya keresahan terkait industri 4.0 dimana berbagai aspek menjadi serba otomatis. Indonesia yang memiliki angkatan kerja banyak harus mau berbenah dan meningkatkan kemampuan agar tidak tergilas oleh berbagai perangkat otomatis yang sebenarnya memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Jika hal ini dibiarkan, maka angkatan kerja yang banyak tersebut hanya akan menjadi pengangguran.

Pendidikan itu segalanya. Itu yang akan menyelamatkan kita kedepannya.

Ainur Rony

Tips Untuk Developer

  • Fokus memilih jenjang karir dari sejak kuliah
  • Belajar dengan mengerjakan proyek dan side project
  • Mandiri dan memiliki keinginan eksplorasi

Link Penting

Donasi dan Kontribusi Untuk Podcast

Untuk saat ini beberapa alat untuk podcast terutama mic masih pinjam sana-sini. Karena itu jika teman-teman berkenan mendonasikan sebagian rezekinya untuk membeli alat, boleh silakan donasikan dengan gopay ataupun paypal.

Rencana terdekat saya ingin membeli Handy Voice Recorder dengan harga sekitar 2 juta rupiah.

recorder

Donasi via KaryaKarsa

Teman-teman bisa melakukan donasi melalui Karya Karsa. Karya Karsa adalah platform apresiasi untuk kreator di Indonesia agar dapat terus berkarya. Untuk melakukan donasi, teman-teman bisa menggunakan GoPay dan prosesnya sangat mudah! Teman-teman bisa memilih tiga tingkatan donasi:

Donasi via PayPal

Alternatif kedua, bisa menggunakan PayPal. Klik disini untuk melakukan donasi via PayPal.

Donasi via Patreon

Teman-teman juga dapat melakukan donasi melalui Patreon. Patreon adalah sebuah platform untuk para pembuat konten mendapatkan uang setiap bulannya. Uang digunakan untuk membeli kopi, memotivasi, bahkan ada yang sampai dapat membiayai hidupnya murni dari Patreon, seperti sang kreator Vue.js Evan You.

Klik disini untuk menjadi Patron!

Dukungan via Notion

notionSalah satu tools yang menjadi senjata rahasia saya, terutama dalam proses produksi podcast. Mulai dari menyiapkan skrip, penjadwalan, menulis catatan episode, dan list todo lainnya. Saya pakai tools yang namanya Notion.

Notion adalah tempat dimana kita bisa menulis catatan, menulis rencana, kolaborasi dan mengorganisasikan dokumen, bahkan menulis buku. Banyak juga orang yang beranggapan Notion seperti wiki internal. Hampir semua kegiatan yang saya lakukan menggunakan Notion. Info lebih lanjut silakan cek aja notion.so atau jika teman-teman mau mendukung podcast ini bisa daftar di ceritanyadeveloper.com/notion.