Cerita(nya) Developer

Developer inspiratif bercerita tentang bagaimana mereka memulai menjadi developer.

devs[0] = Dicky Arinal

Pada waktu itu saya merasa sudah jago karena sudah bisa membuat game dengan paradigma OOP. Ketika saya mencoba untuk mengaplikasikan OOP didalam aplikasi bisnis dan saya mengalami kesulitan. Karena ternyata implementasi OOP di aplikasi bisnis jauh lebih susah.

― Dicky Arinal

Dicky Arinal adalah saat ini adalah senior software engineer Agoda. Ia mendeskripsikan dirinya sebagai seorang seniman pembuat software atau software craftman yang sangat mendewakan elegansi dari sebuah code. Mas Dicky ini juga tipikal developer yang langka karena fasih berbagai bahasa pemrograman atau istilahnya language agnostic dan polyglot developer.

Awal karirnya justru dimulai ketika menjadi seorang instruktur di salah satu lembaga kursus di kampusnya. Lulusan Universitas Bina Nusantara jurusan Teknik Informatika ini kemudian melang-lang buana berkarir di luar Indonesia sebut saja Singapura, Bangkok, hingga sebentar lagi Manchester setelah memutuskan untuk bergabung dengan Cake Solutions murni karena ia melihat Cake Solutions adalah tempat yang tepat untuk memperdalam bahasa pemrograman favorit-nya, Scala.

Beberapa fakta menariknya lagi adalah Mas Dicky ini merupakan early mentor dari Sofian Hadiwijaya CTO Warung Pintar. Dan orang yang memperkenalkan Dicky ke functional programming adalah Norman Sasono yang dulu adalah MVP Microsoft, yang sekarang merupakan CTO dan co-founder dari Bizzy .

Kontak

Referensi Buku

Referensi Lainnya

Tech Stack

emacs lisp