Dukungan

Shout Out Rp. 50.000,-

Nama teman-teman akan disebutkan di episode podcast berikutnya. Dukungan bisa melalui Go-Pay, Ovo atau Transfer.

Dukung via Karyakarsa
Terimakasih Rp. 10.000,-

Terima kasih atas dukungannya! Setiap dukungan sangatlah berarti. Dukungan bisa melalui Go-Pay, Ovo atau Transfer.

Dukung via Karyakarsa

Developer inspiratif bercerita tentang bagaimana mereka mulai menjadi developer. Mulai dari komputer pertama, pengalaman ngoding pertama, hingga hal random lainnya.

Tersedia di: iTunes, Google Podcast, Spotify, Anchor.fm, Pocket Cast, dan berbagai platform lainnya.

devs[1][4] = Hepiska Franatagola

👇 Download © Ceritanya Developer Podcast

Hepiska Franatagola atau yang biasa dipanggil Ego saat ini bekerja di Pomona sebagai Senior Software Engineer yang juga adalah lulusan coding bootcamp HACKTIV8. Bersama beberapa alumni HACKTIV8 juga yang saat ini bekerja di Pomona, salah satunya Shabrina.

Aku berfikir, aku baru banget lulus dari HACKTIV8. Untuk bergabung dengan perusahaan yang teknologinya berbeda dan tidak ada mentor takutnya malah hilang ilmunya.

Pengalaman pertama berkomputer-ria dirasakan Ego ketika duduk di bangku SMA. Pertama kali Ego tertarik menggunakan aplikasi spreadsheet hingga mendorongnya untuk mengikuti olimpiade komputer. Bahasa pertamanya adalah Turbo Pascal yang akhirnya Ego menemukan passion di pemrograman.

Akan tetapi 'takdir' berkata lain sehingga Ego akhirnya memutuskan untuk masuk ke jurusan Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada. Meski demikian passion di pemrograman tidaklah padam.

Setelah itu kemudian Ego memutuskan melanjutkan pendidikan ke S2 dan sekaligus bekerja di Mandiri sebagai Management Trainee selama kurang lebih 1.5 tahun. Tidak fokus dengan tesisnya yang tidak kunjung selesai, akhirnya Ego memutuskan meninggalkan pekerjaannya dan fokus menyelesaikan studinya.

Ia merasa masih ada yang kurang dari kemampuan pemrograman yang dimiliki. Selama kuliah sosok yang mengidolai sosok Garindra Prahandono sedikit banyak sudah mempelajari pemrograman di sisi klien dengan membuat aplikasi desktop. Dan saat bekerja sudah belajar tentang database. Namun ia merasa butuh belajar penghubung antara database dengan klien, hingga akhirnya memutuskan mengikuti coding bootcamp di 2017.

Menurutku Sale Stock dan Garindra berhasil menerapkan tim yang lean dan bisa bertahan sampai sejauh ini menangani begitu banyak model bisnis mereka.

Tips Untuk Developer

  • Menemukan motivasi yang tepat
  • Ikut bootcamp untuk menemukan teman, jaringan, dan kepastian karir
  • Mulai belajar bahasa pemrograman dengan JavaScript

Link Penting