Dukungan

Shout Out Rp. 50.000,-

Nama teman-teman akan disebutkan di episode podcast berikutnya. Dukungan bisa melalui Go-Pay, Ovo atau Transfer.

Dukung via Karyakarsa
Terimakasih Rp. 10.000,-

Terima kasih atas dukungannya! Setiap dukungan sangatlah berarti. Dukungan bisa melalui Go-Pay, Ovo atau Transfer.

Dukung via Karyakarsa

Developer inspiratif bercerita tentang bagaimana mereka mulai menjadi developer. Mulai dari komputer pertama, pengalaman ngoding pertama, hingga hal random lainnya.

Tersedia di: iTunes, Google Podcast, Spotify, Anchor.fm, Pocket Cast, dan berbagai platform lainnya.

devs[1][6] = Yohan Totting

👇 Download © Ceritanya Developer Podcast

Berikut merupakan episode yang sedikit berbeda karena direkam secara santai tanpa rencana. Bersama Herlambang Srihartono, salah satu pendengar podcast ini juga, saya ngobrol santai dengan Yohan Totting, Developer Advocate Google yang merupakan mentor saya dan merupakan orang yang memperkenalkan program Google Developers Experts sekaligus yang mendorong saya untuk menjadi bagian dari program tersebut.

Obrolan kita sangat santai, random, dan sedikit berisik karena percakapan ini direkam saat kita sedang menikmati makan malam di sebuah restoran Jepang di kawasan Blok M, Jakarta. Kita ngobrol tentang GDE, bekerja di Google dan apa yang membuat seorang Yohan itu berbeda dibandingkan sosok lain.

"Jika kita menemukan masalah, biasanya kebanyakan orang menunggu solusinya saja. Lakukan sesuatu, bikin solusinya supaya masalah tersebut terselesaikan. Hal seperti ini yang akan membuat kita berkembang." — Yohan Totting

Cerita diawali bagaimana akhirnya Yohan bergabung dengan Google dan bagaimana Google dapat 'menemukan' sosok Yohan dan Google Developer Advocate yang tugasnya adalah sosialisasi dan memiliki visi 'memperbaiki' web di Indonesia.

Kita juga membahas orang dengan kepribadian introvert dan extrovert dan hubungannya dengan pekerjaan kita, spesifiknya pekerjaan yang membutuhkan komunikasi dan networking yang intens.

Tips untuk Developr

  • Aktif di komunitas
  • Kontribusi ke open source
  • Cari keunikan dalam dirimu, jangan hanya lakukan yang orang lain lakukan
  • Pentingnya softskill untuk mendukung hardskill, terutama komunikasi

Link Penting