Cerita(nya) Developer

Developer inspiratif bercerita tentang bagaimana mereka memulai menjadi developer.

devs[7] = Sofian Hadiwijaya Part 2

Carilah masalah! Ini adalah hal menarik yang harus dilakukan semua orang. Itulah kerjaan gue, mencari masalah. TAPI, tidak berhenti sampai di masalah, kita juga harus mencari solusi atas masalah tersebut.

― Sofian Hadiwijaya

Ceritanya Sofian bagian kedua ini berlanjut ketika ia memutuskan menerima tawaran dari Kudo sebagai Technology Evangelist meskipun Sofian ingin mengolah data. Hanya saja di Kudo data belum cukup banyak untuk diolah.

Di Kudo Sofian menemukan banyak masalah menarik seperti aplikasi yang lambat dikarenakan terjadi bottleneck di database. Dari situlah kemudian ia belajar untuk implementasi master-slave, queue, caching dan lain sebagainya.

Kemudian karirnya berlanjut dengan membangun startup berikutnya, Pinjam dan di Pinjam Sofian dapat mewujudkan mimpinya untuk implementasi teknologi mutakhir seperti golang, react, graphql, kong, docker dan docker swarn.

Tetapi ternyata Sofian belum bernasib mujur di Pinjam dan berlabuhlah Sofian di Go-Jek sebagai VP Business Intelligence. Karena jumlah data yang sangat besar, akhirnya semua teori yang pernah dipelajari terkait dengan machine learning, business intelligence dan ilmu terkait dapat diimplementasikan saat ia berkiprah di Go-jek.

Namun karena tawaran yang sangat menggiurkan untuk bermitra menjadi co-founder di Warung Pintar , akhirnya umur karir Sofian di Go-jek hanya bertahan kurang lebih empat bulan saja. Hingga saat ini Sofian masih berkiprah bersama Warung untuk memajukan usaha kecil yang bernama warung agar menjadi penggerak ekonomi Indonesia.

Tips Untuk Developer

  • Inisiatif untuk mencari masalah dan mengajukan solusinya
  • Ngoding hingga sepuluh ribu jam
  • Baca coding orang lain
  • Kontribusi ke open source

Rekomendasi Buku

Coders at works

Kontak

Tech Stack

Sponsor