devs[0][4] = Sonny Lazuardi

Coding mengasah kreatifitas dan dampak yang didapat dengan membangun aplikasi yang berguna bagi banyak orang itu sangat membahagiakan.

Sonny Lazuardi

Sonny adalah lulusan computer science Institut Teknologi Bandung yang saat ini bekerja sebagai UX Engineer di Grab yang saat ini menetap di negeri tetangga Singapura sejak 2017 silam.

Sonny terkenal cukup produktif menelurkan proyek-proyek open source beberapa diantaranya ada react-native-nike-running, react-native-bouncing-preloader hingga react-komik dan masih banyak lagi. react-komik bahkan sempat ia presentasikan di perhelatan JSConf Asia 2016! Simak videonya disini.

Meski saat ini bekerja sebagai UX Engineer di Grab, Sonny juga pernah bekerja sebagai Front-end Engineer saat masih di Sale Stock Indonesia dan juga pernah menjadi Back-end developer di perusahaan sebelumnya.

Ketertarikannya ke dunia komputer sudah sejak ia duduk di bangku sekolah dasar! Saat itu ia tertarik dengan animasi dan kartun. Komputer pertamanya adalah Pentium 4 dengan sistem operasi Windows ME. Dan di bangku SMP ia pertama kali merasakan pengalaman coding dengan Flash dan ActionScript sebagai platform dan bahasa yang ia pilih karena memang tertarik dengan animasi pada saat itu.

Alasan utama Sonny menekuni dunia development adalah karena coding mengasah kreatifitas dan dampak yang didapat dengan membangun aplikasi yang berguna bagi banyak orang itu sangat membahagiakan. Dan hal tersebut sangat berasa baginya saat ini di Grab ketika ia mengembangkan satu fitur yang digunakan oleh banyak orang.

Sosok yang mengidolai sosok open source sekelas Sindre Sorhus, Dan Abramov dan Ariya Hidayat ini juga berkesempatan dimentori oleh Mas Arie Prasetyo kala ia masih menjadi intern di Ohdio. Dan di Ohdio ini juga Sonny pertama kali merasakan mengembangkan aplikasi dengan NodeJS setelah sebelumnya berkutat di JavaScript di sisi frontend.

Tips Untuk Developer

  • Jangan takut untuk mencoba hal baru dan eksplorasi
  • Mulailah kontribusi ke open source dari hal yang paling sederhana seperti menambahkan dokumentasi

Rekomendasi Buku

Kontak

Tech Stack

Sponsor

Donasi dan Kontribusi Untuk Podcast

Untuk saat ini beberapa alat untuk podcast terutama mic masih pinjam sana-sini. Karena itu jika teman-teman berkenan mendonasikan sebagian rezekinya untuk membeli alat, boleh silakan donasikan dengan gopay ataupun paypal.

Rencana terdekat saya ingin membeli Handy Voice Recorder dengan harga sekitar 2 juta rupiah.

recorder

Donasi via KaryaKarsa

Teman-teman bisa melakukan donasi melalui Karya Karsa. Karya Karsa adalah platform apresiasi untuk kreator di Indonesia agar dapat terus berkarya. Untuk melakukan donasi, teman-teman bisa menggunakan GoPay dan prosesnya sangat mudah! Teman-teman bisa memilih tiga tingkatan donasi:

Donasi via PayPal

Alternatif kedua, bisa menggunakan PayPal. Klik disini untuk melakukan donasi via PayPal.

Donasi via Patreon

Teman-teman juga dapat melakukan donasi melalui Patreon. Patreon adalah sebuah platform untuk para pembuat konten mendapatkan uang setiap bulannya. Uang digunakan untuk membeli kopi, memotivasi, bahkan ada yang sampai dapat membiayai hidupnya murni dari Patreon, seperti sang kreator Vue.js Evan You.

Klik disini untuk menjadi Patron!

Dukungan via Notion

notionSalah satu tools yang menjadi senjata rahasia saya, terutama dalam proses produksi podcast. Mulai dari menyiapkan skrip, penjadwalan, menulis catatan episode, dan list todo lainnya. Saya pakai tools yang namanya Notion.

Notion adalah tempat dimana kita bisa menulis catatan, menulis rencana, kolaborasi dan mengorganisasikan dokumen, bahkan menulis buku. Banyak juga orang yang beranggapan Notion seperti wiki internal. Hampir semua kegiatan yang saya lakukan menggunakan Notion. Info lebih lanjut silakan cek aja notion.so atau jika teman-teman mau mendukung podcast ini bisa daftar di ceritanyadeveloper.com/notion.