Cerita(nya) Developer

Developer inspiratif bercerita tentang bagaimana mereka memulai menjadi developer.

devs[4] = Sonny Lazuardi

Coding mengasah kreatifitas dan dampak yang didapat dengan membangun aplikasi yang berguna bagi banyak orang itu sangat membahagiakan.

― Sonny Lazuardi

Sonny adalah lulusan computer science Institut Teknologi Bandung yang saat ini bekerja sebagai UX Engineer di Grab yang saat ini menetap di negeri tetangga Singapura sejak 2017 silam.

Sonny terkenal cukup produktif menelurkan proyek-proyek open source beberapa diantaranya ada react-native-nike-running, react-native-bouncing-preloader hingga react-komik dan masih banyak lagi. react-komik bahkan sempat ia presentasikan di perhelatan JSConf Asia 2016! Simak videonya disini.

Meski saat ini bekerja sebagai UX Engineer di Grab, Sonny juga pernah bekerja sebagai Front-end Engineer saat masih di Sale Stock Indonesia dan juga pernah menjadi Back-end developer di perusahaan sebelumnya.

Ketertarikannya ke dunia komputer sudah sejak ia duduk di bangku sekolah dasar! Saat itu ia tertarik dengan animasi dan kartun. Komputer pertamanya adalah Pentium 4 dengan sistem operasi Windows ME. Dan di bangku SMP ia pertama kali merasakan pengalaman coding dengan Flash dan ActionScript sebagai platform dan bahasa yang ia pilih karena memang tertarik dengan animasi pada saat itu.

Alasan utama Sonny menekuni dunia development adalah karena coding mengasah kreatifitas dan dampak yang didapat dengan membangun aplikasi yang berguna bagi banyak orang itu sangat membahagiakan. Dan hal tersebut sangat berasa baginya saat ini di Grab ketika ia mengembangkan satu fitur yang digunakan oleh banyak orang.

Sosok yang mengidolai sosok open source sekelas Sindre Sorhus, Dan Abramov dan Ariya Hidayat ini juga berkesempatan dimentori oleh Mas Arie Prasetyo kala ia masih menjadi intern di Ohdio. Dan di Ohdio ini juga Sonny pertama kali merasakan mengembangkan aplikasi dengan NodeJS setelah sebelumnya berkutat di JavaScript di sisi frontend.

Tips Untuk Developer

  • Jangan takut untuk mencoba hal baru dan eksplorasi
  • Mulailah kontribusi ke open source dari hal yang paling sederhana seperti menambahkan dokumentasi

Rekomendasi Buku

Kontak

Tech Stack

Sponsor