devs[0][2] = Trimikha Valentius

Membuat aplikasi dan game itu seperti merakit mainan yang bagian-bagiannya sudah ada tinggal bagaimana kita merangkainya menjadi satu kesatuan yang dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya saya sangat mencintai dunia programming hingga saat ini.

Trimikha Valentius

Trimikha Valentius adalah lead developer di sebuah perusahaan digital advertising asal Australia, Ogilvy. Awal ketertarikannya di dunia komputer adalah game dan kemudian dilanjutkan dengan game development. Karena pada saat itu Mas Mikha mengenal komunitas game yang namanya Game Developer Indonesia akhirnya bisa belajar dan mendapat banyak kenalan sehingga dapat kesempatan menjadi game developer profesional.

Menurut Mas Mikha, membuat aplikasi dan game itu seperti merakit mainan yang bagian-bagiannya sudah ada tinggal bagaimana kita merangkainya menjadi satu kesatuan yang dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya Mas Mikha sangat mencintai dunia programming.

Kerja secara remote merupakan hal yang sedang marak beberapa tahun belakangan ini, tapi buat Mas Mikha, kerja remote sudah ia lakukan sejak 2007! Mulai dari bangku SMA hingga setelah lulus ia pun masih melanjutkan kerja remote secara fulltime di sebuah perusahaan yang berada di Sunderland, Inggris sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan onsite.

Setelah lulus SMA di 2009, Mas Mikha melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah dan pilihannya sudah jelas jurusan Informatics Engineering juga sambil bekerja secara remote. Dan saat kuliah Mas Mikha mulai eksplorasi diluar ranah game development dengan belajar beberapa teknologi seperti web development hingga mobile development. Dan karena dapat beberapa tawaran menarik untuk bekerja onsite, akhirnya penggemar John Carmack ini memutuskan untuk bekerja onsite di Bali hingga sekarang.

Tips Untuk Developer

  • Pantang menyerah
  • Jangan berhenti belajar
  • Aktif di komunitas

Resource

Kontak

Tech Stack

Sponsor

Donasi dan Kontribusi Untuk Podcast

Untuk saat ini beberapa alat untuk podcast terutama mic masih pinjam sana-sini. Karena itu jika teman-teman berkenan mendonasikan sebagian rezekinya untuk membeli alat, boleh silakan donasikan dengan gopay ataupun paypal.

Rencana terdekat saya ingin membeli Handy Voice Recorder dengan harga sekitar 2 juta rupiah.

recorder

Donasi via KaryaKarsa

Teman-teman bisa melakukan donasi melalui Karya Karsa. Karya Karsa adalah platform apresiasi untuk kreator di Indonesia agar dapat terus berkarya. Untuk melakukan donasi, teman-teman bisa menggunakan GoPay dan prosesnya sangat mudah! Teman-teman bisa memilih tiga tingkatan donasi:

Donasi via PayPal

Alternatif kedua, bisa menggunakan PayPal. Klik disini untuk melakukan donasi via PayPal.

Donasi via Patreon

Teman-teman juga dapat melakukan donasi melalui Patreon. Patreon adalah sebuah platform untuk para pembuat konten mendapatkan uang setiap bulannya. Uang digunakan untuk membeli kopi, memotivasi, bahkan ada yang sampai dapat membiayai hidupnya murni dari Patreon, seperti sang kreator Vue.js Evan You.

Klik disini untuk menjadi Patron!

Dukungan via Notion

notionSalah satu tools yang menjadi senjata rahasia saya, terutama dalam proses produksi podcast. Mulai dari menyiapkan skrip, penjadwalan, menulis catatan episode, dan list todo lainnya. Saya pakai tools yang namanya Notion.

Notion adalah tempat dimana kita bisa menulis catatan, menulis rencana, kolaborasi dan mengorganisasikan dokumen, bahkan menulis buku. Banyak juga orang yang beranggapan Notion seperti wiki internal. Hampir semua kegiatan yang saya lakukan menggunakan Notion. Info lebih lanjut silakan cek aja notion.so atau jika teman-teman mau mendukung podcast ini bisa daftar di ceritanyadeveloper.com/notion.