devs[1][6] = Yohan Totting

Yang membedakan gue dengan orang lain adalah gue cenderung melawan arus, melakukan yang tidak dilakukan orang lain. Dan gue punya alasan yang kuat kenapa memilih jalur yang berbeda.

Yohan Totting

Berikut merupakan episode yang sedikit berbeda karena direkam secara santai tanpa rencana. Bersama Herlambang Srihartono, salah satu pendengar podcast ini juga, saya ngobrol santai dengan Yohan Totting, Developer Advocate Google yang merupakan mentor saya dan merupakan orang yang memperkenalkan program Google Developers Experts sekaligus yang mendorong saya untuk menjadi bagian dari program tersebut.

Obrolan kita sangat santai, random, dan sedikit berisik karena percakapan ini direkam saat kita sedang menikmati makan malam di sebuah restoran Jepang di kawasan Blok M, Jakarta. Kita ngobrol tentang GDE, bekerja di Google dan apa yang membuat seorang Yohan itu berbeda dibandingkan sosok lain.

"Jika kita menemukan masalah, biasanya kebanyakan orang menunggu solusinya saja. Lakukan sesuatu, bikin solusinya supaya masalah tersebut terselesaikan. Hal seperti ini yang akan membuat kita berkembang." — Yohan Totting

Cerita diawali bagaimana akhirnya Yohan bergabung dengan Google dan bagaimana Google dapat 'menemukan' sosok Yohan dan Google Developer Advocate yang tugasnya adalah sosialisasi dan memiliki visi 'memperbaiki' web di Indonesia.

Kita juga membahas orang dengan kepribadian introvert dan extrovert dan hubungannya dengan pekerjaan kita, spesifiknya pekerjaan yang membutuhkan komunikasi dan networking yang intens.

Tips untuk Developr

  • Aktif di komunitas
  • Kontribusi ke open source
  • Cari keunikan dalam dirimu, jangan hanya lakukan yang orang lain lakukan
  • Pentingnya softskill untuk mendukung hardskill, terutama komunikasi

Link Penting

Dukungan dan Donasi

Untuk saat ini beberapa alat untuk podcast terutama mic masih pinjam sana-sini. Karena itu jika teman-teman berkenan mendonasikan sebagian rezekinya untuk membeli alat, boleh silakan donasikan dengan gopay ataupun paypal.

Rencana terdekat saya ingin membeli Handy Voice Recorder dengan harga sekitar 2 juta rupiah.

Donasi via GoPay

Donasi via PayPal

Klik disini untuk melakukan donasi via PayPal.

Dukungan via Notion

Salah satu tools yang menjadi senjata rahasia saya, terutama dalam proses produksi podcast. Mulai dari menyiapkan skrip, penjadwalan, menulis catatan episode, dan list todo lainnya. Saya pakai tools yang namanya Notion.

Notion adalah tempat dimana kita bisa menulis catatan, menulis rencana, kolaborasi dan mengorganisasikan dokumen, bahkan menulis buku. Banyak juga orang yang beranggapan Notion seperti wiki internal. Hampir semua kegiatan yang saya lakukan menggunakan Notion. Info lebih lanjut silakan cek aja notion.so atau jika teman-teman mau mendukung podcast ini bisa daftar di ceritanyadeveloper.com/notion.